Rabu, 17 Oktober 2012

Museum Karst Di Wonogiri dan Peradaban Prasejarah

01 Maret 2012 |

 

KORANJURI.COM - Museum yang berada di Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri ini, menjadi salah satu kawasan Karst Dunia. Museum yang dibangun pada tahun 2008 ini diresmikan tahun 2009, namum pembukaanya baru pada tahun 2010. bangunan Museum seluas 24,6 HA ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 3.000 m2.

Bangunannya didesain dengan nuansa futuristik dan terdiri dari tiga lantai. Lantai atas merupakan ruang auditorium, sedangkan lantai dua merupakan tempat edukasi dan koleksi bebatuan stalagtit maupun stalagmit yang ada di sekitar kawasan Museum Karst. Sedangkan bangunan lantai dasar merupakan ruang replika manusia pra sejarah dan kehidupannya.

Selain bangunan utama, terdapat juga beberapa bangunan lainya di kawasan Kars. Beberapa di antaranya menara Karst, pusat laboratorium Geologi, Pura pemujaan dan beberapa Ruko yang masih belum selesai tahap pembangunanya

“Pengunjung Museum Kars sampai saat ini masih sepi, paling banyak pengunjung yang datang hanya 500 orang perminggu. Itupun datang dari siswa sekolah yang ingin mengenal lebih jauh peradaban prasejarah dan goa yang ada di kawasan Karst ini,” kata Nining (24), salah satu karyawan Museum Karst.


SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar